Karbon and Friends

Mungkin lo tau kalo berlian dan grafit terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu karbon. Yang bikin beda adalah atom karbon yang menyusun mereka terdiri memiliki konfigurasi yang berbeda karena faktor tekanan, suhu dan elemen lain. Berlian adalah hasil tekanan yang sangat tinggi dan grafit tidak mengalami banyak tekanan. Hal ini disebut juga alotropi (allos artinya lain dan tropos artinya perlakuan). Variasi material yang terbentuk dari beberapa konfigurasi berbeda ini disebut juga alotropi dari sebuah elemen. Sebutan ini hanya berlaku buat bahan yang tersusun dari satu elemen saja yah guys. Jadi, nggak ada alotropi untuk air karena tersusun dari dua elemen yaitu hidrogen dan oksigen.

Alotropi ini terjadi pada beberapa elemen seperti oksigen, nitrogen dan fosfor, tapi contoh yang paling umum alotropi adalah karbon. Mau tau contoh alotropi karbon? Liat nih:

Bling bling bling!

Berlian.
Simply the third most loved carbon in the world. Atom karbon pada berlian terikat dengan sangat kuat. Setiap atom terikat dengan 4 atom lainnya dari empat sumbu berbeda. Hal ini membuat atom sangat simetris dan punya pola saling mengunci dalam sebuah batu berlian. Susunan atom inilah yang memberikan berlian karakteristiknya seperti cara bereaksi terhadap cahaya, tingkat kekerasan dan resistansi terhadap arus listrik.

Kalo segede gini sih nggak bisa dipake buat nulis

Graphite.
Setiap atom dalam grafit terikat oleh 3 atom lainnya dari 3 arah berbeda. Namun tidak seperti berlian, atom karbon pada grafit terikat dari sumbu yang sama. Ikatan ini bersama-sama membentuk boyband, enggak deng, membentuk lembaran setebal satu atom saja. Nah semua lembaran itu saling terhubung dengan lemah. Jadi lembaran-lembaran ini gampang banget kekocok kayak kartu. Makanya grafit lembut dan licin. This is perfect beut untuk dijadiin alat tulis. Ini juga menjelaskan mengapa pensil cukup mudah dihapus.

Lonsdaleite. Mirip permen.

Lonsdaleite
Alotropi karbon yang satu ini tuh campuran dari Graphite dan Berlian. Waktu meteor yang mengandung grafit jatuh ke bumi, panas dan gaya dari tabrakan ini mengakibatkan atom berubah konfigurasi, ngasilin formasi permukaan yang mirip dengan berlian namun juga mengandung ikatan 3 atom grafit. Lonsdaleite sangat keras walaupun tidak sekereas berlian, transparan dan kuning-kecoklatan. Lonsdaleite sangat langka. Meteorit gitu loh.

Yang paling kiri struktur atom pada berlian, yang tengah grafit dan yang paling kanan campurannya

Btw, karbon favorit dunia saat ini adalah Petroleum Oil dan batubara. *padahal itu komposisinya bukan cuma Karbon*. Well, alotropi karbon sejujurnya cukup banyak dengan beragam karakteristik. Salah satu yang paling terkenal adalah Carbon Nano Tube (CNT) dan Graphene (which is graphite tapi cuma selembar). Untuk Graphene, baru-baru ini ditemukan cara pembuatannya dengan biaya yang jauh lebih murah. Lo bisa baca papernya di mari [http://www.nature.com/articles/ncomms14217]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *