Indonesian Online Taxi Investment Scam

Despite the positive friendly characters that most travelers know, Indonesians are also famous for having the tendency to bypass procedures and find niches between giants. Being a broker is one of our preferred jobs. Online taxi services such as Uber, Grab and local Go-Jek were no exceptions. This story that I am about to tell you are real and still in investigation by the police.

An Offering
At the beginning of May, my uncle asked me to help him meeting someone who offered him an investment in Grab Car. I thought I was going to meet with someone from Grab. Investing in startups is not a beginner’s game. A lot of report to analyze and I do not think I have the capacity to do so. Nonetheless, I was still curious and decided to accompany my uncle.

Turns out, the investment was only in the cars. To illustrate, let’s call this guy CR1 for Car Rental. Basically the guy was some sort of car rental that have little to nothing seed money. So he told investors to pay DP for Avanza or Xenia as the initial investments. CR will operate and manage the car by looking for drivers. Drivers will then work 30 days a month and deposit Rp 275.000/day for the investor. From these deposit, CR1 will cut Rp 5.000/ day as operation charge and Rp 400.000/month as car maintenance reserve. Despite those charges, at the end of 5 year contract (following most online taxi rules of maximum age of car), the car will be given to the driver. Another catch is that investors must order and buy the car through CR1.

One of the reason why they use this car is because of it’s high demand even if it’s used car.

When asked about safety, he said that he would put GPS on each car and watch their tracks through monitors in his office. He also said that he already have 70 cars in his armada running around Jakarta in the last 4 months since he started the business. However, he did not have any company or legal organization to back this business.

At the end of the meeting, I was given the responsibility to find out more about this investment.

And thinking that he faced a teenager, CR1 was very very very pushy. He called me like every 4 hours. He gave me contracts even when we have no progression on the deal. I was very much suspicious.

The Investigation
The first stop was the car dealer. His DP offering was quite high. So I checked on one of the dealer on my way home. The real DP was actually Rp 6.000.000 cheaper. And it was without negotiation at all. Cr*p. He forced us to buy through him so that he could get that much money for each car.
Another problem was with the interest rate that reaches 1.8% per month compared to 1.5% from the random dealer I stopped at. He thought my uncle and me were easy targets.

In the next meeting with CR1, my uncle told some of his staff to accompany me. My uncle had lots of businesses that he needs to take care of and this is a good way for me to learn. So in this meeting I asked why the car has to be given to drivers (assuming it was really given to them). I don’t think the profit percentage is right for investors since we are going to pay for all the taxes, maintenance and spare part for 5 years. I think it could be better if we could split the sales from the car and put DP to more cars in the end. That way, we could teach the driver how to generate more money and take care of their own businesses.

From this point, all CR1 do is dodging bullets. He said that he do not care what the drivers are going to use the money for. He also said that all investors did was to “ongkang-ongkang kaki” or “sit back and relax”. Our investment will be paid off in 9 months. So he thought I was an idiot?! -____-
At that point all that I wanted to do was to cut him off of our investment plan. But we have already paid a significant amount of money for DP. Also, it is not my decision to make. It was my uncle’s plan and my only right is to give consideration.

So to finish that meeting, I asked him again how many car he managed right now. He answered 17. You know what I want to say don’t you? He answered it like it was the first time asked. Also, at that time Grab was having a problem with authorities. Turns out, they were told not to accept any drivers since 3 months before.

When you want to invest your money, just remember that it’s not only the business you put your investments on, it is also about the person you’re investing on. In conclusion, Investing on this person would be a really bad bad decision. However, we have already put Rp 152.000.000 for 16 cars and we need another way out. One of my uncle’s employees had a friend in similar business. We contacted her for comparison.
Another Car Rental

Let’s name this second car rental as CR2, because why not?

They are not as bold as the first car rental. CR2 offered Rp 250.000/day for 24 working days in a month with weekly payment. Maintenance fee will be split equally between owners and the driver. They claimed that they are one of only three biggest car rental that have official partnership with Uber. Despite lacking proof, this is a more rational offer than from CR1. During the first meeting they brought a legal documents named after PT BBM as their business company.

The following week, I checked on Uber about whether or not it was true. Well, it’s much more difficult checking on Uber than checking on Go-car and Grab. I could easily talk to Grab and Go-car staff and ask if we could build a partnership since we are going to put more cars in the future. Uber required me to bring STNK, SIM, BPKB and car insurance before I could even enter their office. The office is also full of rentals seeking for drivers that looks confused. Later, I talked to one of the driver that said that those rentals are seeking to find drivers. But if the drivers were to enlist under the rentals, these rentals could play with the drivers’ bonuses and play with their accounts if they were not to pay certain fee to the rentals. Of course this is not a mistake in any of online transportation apps.

Not finding any info, I changed my strategy and checked online for car rentals that have partnership with Uber.

After I called several rentals, none of them able to receive any car and they only look for drivers rather than looking for cars. Even if they could receive cars, their offer was very low which is around Rp 200.000/day. The interesting fact is, they are offering their car to drivers with daily fee of Rp 300.000/day. Both CR1 and CR2 probably lied about their fee and put more pressure on the drivers.

Anyway, I told CR2 that we would like to put GPS on our cars. They told us at first that we do not need to put GPS on our cars because we could check it on our smartphone from the Uber application. The following week, on contrary, they told us that they would not accept our cars if we don’t have GPS on our cars. They also offered us a GPS package from their partners. What kind of cr*p is this really? How easy it is for people to lie? This put doubts on our side. It’s like between mad and evil.

Assessment
I presented my final assessment between the two to my uncle. I concluded it is best for us to actually create our own management in handling these cars. A little bit different, my uncle has a really much more gentle heart. He reminded me not to take another person’s fortune. It was those car rentals that opened our eyes on this opportunity. Yes, we are able to manage them by ourselves but let this first experiments on online taxi investment be handled by one of the car rentals.

By comparing several factors, we decided to put our trust on the second car rental as it gives us more convincing and rational conditions. Of course, this is only the beginning of something more complicated.

This is the end of part 1. I will work on part 2 and post it as soon as possible.

8 Wanita dalam Sains

Sebelumnya selamat hari wanita kepada seluruh wanita di dunia!

Bidang Sains dan Teknologi merupakan salah satu bidang yang jarang banget dimasukin wanita. Nggak heran kampus-kampus teknik kayak ITB jadi kering kerontang karena kekurangan wanita *salah fokus*

Soalnya dari dulu banyak banget cap yang dikasih orang-orang sama wanita-wanita STEM (Sains, Teknologi, Enjiniring dan Matematika) kalo mereka terlalu maskulin. Mungkin karena bidang STEM dianggap sebagai bidang yang sangat logika dan wanita dianggap tidak sekuat pria dalam hal berlogika. Well, of course ini harus berubah sekarang juga. Karena ilmu yang ideal tidak kenal stereotip sosial seperti gender, agama, suku, dan ras. Apapun latar belakangmu, selama hal yang kau pelajari dapat divalidasi, yah kamu tetep bisa berkarya.

Makanya, tulisan ini gue buat untuk ngebuktiin ke kalian kalo wanita juga bisa sukses dalam bidang STEM. Berikut 10 wanita dalam bidang sains beserta kontribusi mereka terhadap ilmu pengetahuan:

Sally Boysen bersama dengan PAUD simpansenya

1. Sarah Boysen
Professor of Psychology, The Ohio State University
Koloni Boysen yang terdiri dari 11 ekor simpanse biasanya emang riweuh rempong kayak kelas yang isinya anak TK. Penelitian beliau ternyata menunjukan kalo simpanse memiliki kemampuan serupa dengan balita: yaitu kemampuan untuk berhitung secara sederhana.
Simpanse-simpanse ini bisa ngitung tambah, kurang, pecahan dan ngitung jumlah suatu benda.

Simpel tapi ampuh. Liat tuh airnya disaring dulu pake sari

2. Rita Colwell
Director, National Science Foundation
Kalo Mamak Colwell ini udah 25 tahun sob neliti mengenai kolera. Penelitian soal kolera ini merupakan penelitian antardisiplin ilmu yang terkait biologi molekuler, oseanografi, elektro dan bidang kesehatan. Doi berhasil nemuin cara yang unik dan cukup efektif untuk mencegah penyakit kolera. Caranya adalah dengan menyaring air melalui kain sari yang biasa kita liat di pilem India! Gokil abies. Strategi ini bahkan sanggum mengurangi jumlah pasien kolera sampai kurang lebih 50 persen. Wah, kalo di Indonesia mungkin bisa pake kain songket atau ulos yah.

One of the most electrifying women ever!

3. Esther Conwell
Professor of Chemistry, University of Rochester
Setengah abad kemaren, penelitian doi tentang bagaimana elektron melaju melalui silikon dan beberapa material semikonduktor lainnya memulai era komputer dan era informasi saat ini. Sebelum berpulang pada tahun 2014, Profesor Conwell sempat mempelajari juga pergerakan muatan listrik melalui DNA. Potensi penelitian ini ngeri-ngeri sedap bro. Kita jadi bisa tahun pergerakan rangsangan listrik seperti apa yang menyebabkan munculnya sel kanker atau kita dapat mempelajarinya untuk membuat rangkaian nano-elektrik yang mempunyai sifat DNA.

Berdiri di depan papan

4. Ingrid Daubechies
Professor of Mathematics and Applied and Computational Mathematics, Princeton University
Untuk menganalisa sinyal gambar, suara, elektrokardiogram atau goncangan partikel gas, kita harus menterjemahkan grafik menjadi lebih sederhana. Nah ilmuwan biasanya mecah bagian grafik itu jadi sekumpulan ombak/gelombang kecil yang disebut Daubechies’s wavelet. Yah wavelet ini bisa dibilang satu bagian lego yang dari data yang besar. Lego ini dipake untuk mengkompressi dan enkripsi data. Analoginya lagi, misalkan elo gambar lukisan pake cat air, nah kan elo bakal make beragam kuas dengan ukuran berbeda. Wavelet disini fungsinya mirip sama kuas berbagai ukuran itu. Memudahkan kita melukis gambar yang utuh.

Dresselhaus megang mainan anaknya

5. Mildred S. Dresselhaus
Professor of Physics and Electrical Engineering, MIT
Sebelum anak ke-empatnya masuk TK, Dresselhaus memecahkan struktur elektronik dari graphite, alotropi dari karbon yang sempet kita bahas di artikel sebelumnya. Mecahin struktur elektronik graphite ini sebenernya bukan masalah baru, tapi sebagian besar peneliti ketakutan untuk nyelesain masalah ini berhubung teka-teki yang sulit dari struktur ini. Makanya Dresselhaus milih topik penelitian ini karena nggak ada yang mau nyentuh. Penelitian mamak gaul ini berkontribusi besar pada penemuan Buckyball dan Carbon Nano Tube. Weew. Mamak-mamak ilmuwan.

Hoffman ketika memimpin ekspedisi mencari unsur eksotis

6. Darleane C. Hoffman
Professor of the Graduate School, University of California at Berkeley
Pernah nonton Mickey Mouse? Tau siapa nama anjingnya? Nah Hoffman ini adalah kepala suku tim yang nemuin Plutonium 244 di alam. Yah, emang nggak ada hubungannya sama Mickey Mouse sih. Indiana Jones edisi kimia ini punya misi buat nyari unsur-unsur dengan sifat-sifat yang misterius. Ilmu Nuklir ini adalah salah satu keilmuan yang dimulai sama sepasang suami istri dimana sang istri, Marie Curie, adalah salah satu ilmuwan wanita paling dikenal abad ini.

Mirip yang di The Big Bang Theory yaah? Amy Farah Fowler

7. Melissa Franklin
Professor of Physics, Harvard University
Nyah Franklin ini fisikawan eksperimental yang hobinya bikin-bikin alat lab. Yah semacam pembalam tamiya lah. Diotak-atik kalo nggak sesuai harapan. Cuma bedanya yang doi otak atik itu detektor partikel super kompleks. Salah satu buatan doi adalah detektor proton-antiproton Collider di Fermilab Batavia, Illinois yang dia pake untuk mengidentifikasi quark (only the top one) tahun 1995.

Rosalind Franklin dan foto x-ray dari DNA

8. Rosalind Franklin (1920-1958)
King’s College London
Bukan saudara sama Melissa Franklin yaah. Kalo Rosalind Franklin ini suka banget fotografi. Tapi foto pake X-ray. Di awal tahun 1950, Rosalin moto DNA yang sudah mengkristal menggunakan X-ray. Karena foto ini, akhirnya kita semua tau kalo molekul DNA itu berbentuk helix! Data ini terus dipake sama James Watson dan Francis Crick untuk menguraikan struktur DNA tanpa sepengathuan Rosalind. Ckckck. Alhasil Watson dan Crick memenangkan Nobel pada tahun 1962. Sayang, Rosalind sudah meninggal pada tahun 1958 sehingga tidak dapat protes karena fotonya dipake.

Lah brooo, kok nggak ada Marie Curie? Well. Keluarga nyonya Curie tidak sesimpel yang anda pikirkan bro. Untuk menghormati beliau, tidak cukup postingan satu paragraf menjelaskan kontribusi beliau kepada dunia. Nanti gue bakal semedi dulu untuk nulis tentang keluarga Curie.
Anyway, sampe sini dulu postingan memperingati hari wanita sedunia.

Sampe postingan selanjutnya!

Karbon and Friends

Mungkin lo tau kalo berlian dan grafit terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu karbon. Yang bikin beda adalah atom karbon yang menyusun mereka terdiri memiliki konfigurasi yang berbeda karena faktor tekanan, suhu dan elemen lain. Berlian adalah hasil tekanan yang sangat tinggi dan grafit tidak mengalami banyak tekanan. Hal ini disebut juga alotropi (allos artinya lain dan tropos artinya perlakuan). Variasi material yang terbentuk dari beberapa konfigurasi berbeda ini disebut juga alotropi dari sebuah elemen. Sebutan ini hanya berlaku buat bahan yang tersusun dari satu elemen saja yah guys. Jadi, nggak ada alotropi untuk air karena tersusun dari dua elemen yaitu hidrogen dan oksigen.

Alotropi ini terjadi pada beberapa elemen seperti oksigen, nitrogen dan fosfor, tapi contoh yang paling umum alotropi adalah karbon. Mau tau contoh alotropi karbon? Liat nih:

Bling bling bling!

Berlian.
Simply the third most loved carbon in the world. Atom karbon pada berlian terikat dengan sangat kuat. Setiap atom terikat dengan 4 atom lainnya dari empat sumbu berbeda. Hal ini membuat atom sangat simetris dan punya pola saling mengunci dalam sebuah batu berlian. Susunan atom inilah yang memberikan berlian karakteristiknya seperti cara bereaksi terhadap cahaya, tingkat kekerasan dan resistansi terhadap arus listrik.

Kalo segede gini sih nggak bisa dipake buat nulis

Graphite.
Setiap atom dalam grafit terikat oleh 3 atom lainnya dari 3 arah berbeda. Namun tidak seperti berlian, atom karbon pada grafit terikat dari sumbu yang sama. Ikatan ini bersama-sama membentuk boyband, enggak deng, membentuk lembaran setebal satu atom saja. Nah semua lembaran itu saling terhubung dengan lemah. Jadi lembaran-lembaran ini gampang banget kekocok kayak kartu. Makanya grafit lembut dan licin. This is perfect beut untuk dijadiin alat tulis. Ini juga menjelaskan mengapa pensil cukup mudah dihapus.

Lonsdaleite. Mirip permen.

Lonsdaleite
Alotropi karbon yang satu ini tuh campuran dari Graphite dan Berlian. Waktu meteor yang mengandung grafit jatuh ke bumi, panas dan gaya dari tabrakan ini mengakibatkan atom berubah konfigurasi, ngasilin formasi permukaan yang mirip dengan berlian namun juga mengandung ikatan 3 atom grafit. Lonsdaleite sangat keras walaupun tidak sekereas berlian, transparan dan kuning-kecoklatan. Lonsdaleite sangat langka. Meteorit gitu loh.

Yang paling kiri struktur atom pada berlian, yang tengah grafit dan yang paling kanan campurannya

Btw, karbon favorit dunia saat ini adalah Petroleum Oil dan batubara. *padahal itu komposisinya bukan cuma Karbon*. Well, alotropi karbon sejujurnya cukup banyak dengan beragam karakteristik. Salah satu yang paling terkenal adalah Carbon Nano Tube (CNT) dan Graphene (which is graphite tapi cuma selembar). Untuk Graphene, baru-baru ini ditemukan cara pembuatannya dengan biaya yang jauh lebih murah. Lo bisa baca papernya di mari [http://www.nature.com/articles/ncomms14217]

Darimana Asalnya Debu?

Buat nyari data yang umum dan valid mengenai debu itu susah pisan euy. Komposisi debu bervariasi tergantung dari lokasi tempat kita mengambil sampelnya. Jangankan beda negara atau daerah, beda ruangan aja bisa beda komposisi debunya. Komposisi ini juga tergantung dari musim/cuaca dan gaya hidup si penghuni. Punya peliharaan kah? Rajin beresin kamar kah? Atau suka buka jendela kah? Nah semuanya mempengaruhi komposisi debu di rumah lo.

Piano yang sudah lama tidak digunakan. Kemungkinan besar lebih banyak mengandung kotoran serangga daripada sel kulit mati manusia.

Yang jelas, klaim yang menyatakan kalo 70% debu di rumah itu sel kulit yang mati itu lebaay. Yang lebih umum, debu itu asalnya dari ketombe binatang, pasir, sisa-sisa serangga, tepung, dan segambreng kotoran.

Sel kulit mati yang kita tinggalin selama setahun kalo dikumpulin cukup untuk ngisi kantong tepung 500 gram. Yapi sebagian besar dari itu bakalan abis di kamar mandi (Dibawa sabun) atau dimakan tungau debu. Dalam sesendok teh debu, kita bisa dapet sampe 1000 tungau dan 250.000 guess what, kotorannya tungau… Euuw.

Ini dia nih pelakunya!
Ukuran doi cuma 0,2-0,3 milimeter. Beeh. Sebesar harga diri politikus yang abis umbar janji ke rakyat terus korupsi aja.

Doi bisa hidup dimana aja di rumah kita, termasuk di tempat tidur bahkan bantal kita. Tapi klaim jualan tukang bantal kalo setengah dari berat bantal dan guling lo tersusun dari mayat tungau dan kotorannya itu juga salah.

Anyway, orang yang alergi debu itu sebenernya alergi sama… yap. Sama kotorannya tungau ini sebenernya. Perut tungau kebetulan ngasilin enzim yang ngeganggu saluran pernapasan manusia.

Sa ae Kapanlagi moto Cincha Laura lagi bersin. Jangan-jangan bersinnya gegara nggak sengaja nyedot kotoran tungau (debu)?

Naah, that’s it for now. Tetap curious yah guys!