12 Tipe Iklan

Apa sih yang wajib ada dalam sebuah iklan?

Penting nih buat lo yang mau ngiklanin produk ataupun acara supaya lo bisa ngiklan dengan efektif.

Donald Gunn, suhunya advertising dari Leo Burnett agency membagi iklan ke dalam 12 tipe:

1. The demo: demonstrasi kemampuan produk yang ditawarkan secara gamblang (biasanya iklan2 alat pembersih nih)

2. Show the need or problem: Ngasih unjuk ke konsumen gimana suatu hal itu hilang atau salah dalam kehidupan konsumen dan gimana produk yang ditawarkan ngoreksi hal itu

3. Symbol, analogy, or exaggerated graphic to show the need or problem: variasi dari nomor dua tapi lebaaaai untuk ngegambarin masalah konsumen (obat flu yang digambarin orangnya kayak smurf gitu)

4. Comparison: Ngasih unjuk superioritas produk yang ditawarkan dibandingin produk lawan

5. The exemplary story: Narasi atau cerita tentang keuntungan pake produk. Ini sering banget nih di youtube.

6. Benefit causes story: Ngasih liat kelebihan produk tapi produknya dikasih taunya belakangan. Kalo yang kontennya kayak gini sering banget nih iklan parfum kayak ‘Kapak’

7. Tell it: Ini mirip banget sama nomor 5 tapi ini langsung dari pengguna produk bersangkutan, bukan sekedar narasi. Endorse-endorse kontennya ‘Tell it’ pisan euy.

8. Ongoing characters or examples: Karakter yang mudah dikenal yang ngiklanin produknya kayak singa2an es krim. Dulu jaman gue bocah Ronald McBonal masih sering nongol, tapi sekarang doi udah pension. Jarang dipake iklan kecuali ultahan bocah.

9. Symbol, analogy, or exaggerated graphic to demonstrate the benefit: Mirip juga nih sama yang nomor 3 tapi kalo yang ini yang lebai itu keuntungannya. Dikejer ribuan waria misalnya.

10. Associated user imagery: Ngasih contoh2 orang yang bakal ngerasain manfaat dari produk. Atlet2 untuk minuman isotonic misalnya. Minuman berenergi untuk om2 berotot yang 50% isinya kebuang sebelum diminum contoh lainnya.

11. Unique personality property: Menggarisbawahi sesuatu yang unik dari produknya. Dibuat oleh pembuat cheesecake pertama di Indonesia. Atau produk anak bangsa.

12. Parody or borrowed format: Parodi film, novel, acara olahraga, iklan lain atau referensi hal-hal popular lainnya. Ada nih iklan air minum kemasan yang parodi film Ada Apa dengan Cinchau.

Well, that’s it people. Mostly ketebak lah yah konten dari iklan-iklan yang sering bermunculan. Either you should better know how advertiser tried to influence you in buying products or you could learn to combine these categories and create a new kind of advertising.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *